Di era digital saat ini, pemahaman terhadap strategi pemasaran online sangat penting bagi kesuksesan bisnis. Tanpa memahami ini, bisnis yang dibangun berpotensi sulit berkembang dan bahkan mengalami penurunan. Terlebih tren belanja daring di dunia modern kini semakin berkembang.
Di samping itu, Anda perlu sadar bahwa sudah banyak kompetitor bisnis yang turut terjun pada kolam serupa. Tentu, untuk dapat menyainginya, Anda perlu menciptakan strategi pemasaran online yang jitu. Nah, sebagai gambaran, simaka ulasan berikut. Ketahui pula alasannya agar lebih yakin!
Mengenal Apa Itu Strategi Pemasaran Online?
Strategi pemasaran atau penjualan online adalah teknik menjual produk melalui internet. Layaknya berjualan konvensional, praktik berbisnis online juga bisa memungkinkan produk Anda diketahui oleh calon pelanggan.
Namun, berhubung pemasaran online berlangsung dalam konteks digital, beberapa aspek bisa jadi terasa terbatas. Sebagai contoh, ketika menjalankan bisnis secara konvensional, Anda dapat langsung berinteraksi bersama calon pelanggan dan menawarkan produk secara nyata. Namun terkadang, itupun belum membuatnya tertarik.
Sementara itu, dalam bisnis online, tidak selalu ada jaminan bahwa orang akan mengetahui tentang produk Anda. Bahkan jika Anda mengajak sejumlah orang untuk melihat produk atau membagikan informasi yang Anda bagikan, belum tentu mereka akan tertarik.
Dari sini, dapat disimpulkan bahwa Anda perlu merancang rencana pemasaran online jitu agar calon pelanggan tertarik untuk terkait produk Anda. Lantas, bagaimana cara merancang strategi penjualan yang baik secara online? Lanjutkan baca ulasan berikut, ya!
Mengapa Bisnis Perlu Strategi Pemasaran Online
Melakukan pemasaran online mempunyai peran penting dalam meraih kesuksesan bisnis karena beberapa alasan. Sebut saja ini memperluas jangkauan bisnis secara luas melalui platform online dan membangun kesadaran merek yang kuat. Lebih lanjut simak daftar berikut ini, ya:
- Relevan Perubahan Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen berubah seiring meningkatnya penggunaan internet dan media digital. Banyak orang sekarang cenderung mencari informasi produk dan melakukan pembelian online. Oleh karena itu, penting bagi pemilik bisnis untuk merancang rencana pemasaran online untuk mendominasi pasar. Sebenarnya keberadaan dan kehadiran bisnis platform online penting untuk menjangkau konsumen potensial.
- Mampu Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
Melalui pemasaran online, bisnis Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Internet memungkinkan bisnis Anda untuk beroperasi tanpa batasan geografis, sehingga memperluas potensi pasar mereka secara signifikan. Jadi, kalau perencanaan penjualan online Anda tepat, pasar Anda pun akan melebar.
- Bujet yang Dikeluarkan Cenderung Lebih Efisien
Pemasaran online seringkali lebih hemat biaya dibandingkan dengan pemasaran tradisional, seperti iklan cetak atau televisi. Berbagai platform online yang dimaksud seperti media sosial dan situs web memungkinkan bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka dengan biaya yang lebih rendah namun dengan dampak yang besar.
- Mudah untuk Dilacak dan Diukur
Satu keunggulan membangun strategi pemasaran online adalah kemampuannya untuk meraih tujuan dengan lebih mudah. Sebut saja tujuan meraih omzet penjualan tertentu, dengan membuat konten artikel di website yang menarik. Dari sana, Anda bisa mengetahui interest hingga leads yang dihasilkan.
Contoh Strategi Pemasaran Online yang Jitu
- Melakukan analisa yang akurat
Untuk memastikan efektivitas strategi penjualan online dan meraih keuntungan, disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Analisa ini mencakup berbagai aspek, termasuk meliputi pasar utama, target pasar, pesaing, dan faktor-faktor lainnya.
- Menentukan strategi dalam setiap marketing funnel
Langkah kedua merancang strategi pemasaran online adalah memahami marketing funnel, yakni customer journey yang menjelaskan proses calon pelanggan sebelum membeli produk. Ini meliputi awareness atau pengenalan, consideration atau menimbang, purchase atau membeli, lalu menilai, dan jadi pelanggan.
Setiap step marketing funnel mempunyai karakteristik tersendiri. Nah, ini bisa Anda dekati dengan berbagai strategi promosi online, seperti content marketing, mobile marketing, continuous marketing, personalized marketing, affiliate marketing, dan lainnya.
- Membuat konten online
Setelah menetapkan sistem dan strategi pemasaran bisnis online, pertimbangkan jenis content marketing yang akan dibuat. Pastikan konten yang dihasilkan kreatif agar menarik minat konsumen pada produk Anda. Beberapa opsi konten yang dapat digunakan untuk promosi penjualan antara lain video, foto dengan kutipan, artikel, dan sebagainya.
- Memanfaatkan platform
Manfaatkan platform online dan tips pemasaran di media sosial untuk meningkatkan pemahaman dan mendapat keuntungan. Contohnya, Google Ads memungkinkan akses ke lebih banyak konsumen. Berhubung penjualan juga berhubungan dengan keuangan, penting juga bagi Anda menginstal Accurate accounting software dari Mitra Aplikasi Bisnis untuk mempermudah pembukuan bulanan.
- Merancang website yang user friendly
Selain menggunakan platform seperti Google Ads, membangun sebuah website juga merupakan pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis. Terutama jika bisnis telah beroperasi cukup lama tanpa menunjukkan perkembangan atau kemajuan yang signifikan.
Dengan memiliki website, Anda dapat meningkatkan branding dan kredibilitas bisnis Anda. Di samping itu, keberadaan website juga dapat melambungkan popularitas perusahaan Anda.
- Gunakan komponen marketing online
Strategi pemasaran online melibatkan beberapa komponen kunci, seperti halnya SEO untuk meningkatkan lalu lintas situs dan kesadaran merek, PPC untuk menjangkau konsumen dengan cepat dan efektif, pemasaran media sosial untuk memperluas basis pelanggan, dan alat analisis pemasaran untuk memantau dan meningkatkan kinerja kampanye.
Dengan menggabungkan keseluruhan komponen marketing ini, Anda dapat memaksimalkan efektivitas pemasaran online Anda dan mencapai kesuksesan dalam bisnis Anda.
- Menerapkan berbagai metode pembayaran
Banyak konsumen menginginkan kemudahan pembayaran, tetapi tidak semua pebisnis menyadari ini, menghambat pertumbuhan jumlah konsumen. Solusinya adalah menerapkan berbagai metode pembayaran yang beragam. Menyediakan opsi pembayaran yang beragam dapat membantu bisnis Anda meningkatkan jumlah konsumen yang membeli produk Anda secara signifikan.
Di samping itu, jangan lupa untuk selalu mencatat operasional keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran yang kerap kali rancu. Untuk memudahkan, Anda bisa instal Accurate accounting software dari Mitra Aplikasi Bisnis. Menariknya ini sudah memuat fitur backup sehingga tidak perlu khawatir jika transaksi terkendala.Nah, jadi begitulah strategi pemasaran online yang jitu, serta alasan pentingnya. Ingat, apapun itu, perkembangan akan terus terjadi, termasuk soal bisnis online. Jadi, Anda harus terus belajar agar bisa relevan. Termasuk dalam menginstal Accurate accounting software dari Mitra Aplikasi Bisnis untuk memudahkan operasional keuangan perusahaan.