Cara Membuat Laporan Keuangan Bulanan yang Mudah dan Anti Ribet

Table of Contents

software akuntansi accurate

Bisnis tidak boleh dijalankan secara asal apalagi iseng, utamanya masalah keuangan yang cukup krusial. Sebagai pebisnis, Anda perlu memiliki pemahaman mendalam tentang situasi keuangan. Untuk bisa terus mengontrol dan menilai keuangan perusahaan, Anda perlu merancang laporan keuangan bulanan.

Proses penyusunan laporan keuangan sendiri bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga landasan strategis pengambilan keputusan yang cermat. Memiliki pemahaman terkait cara membuat laporan keuangan turut akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Namun, semuanya tidak harus dilakukan secara manual sejak ada Accurate. Mari simak ulasan lengkapnya!

Mengenal Apa Itu Laporan Keuangan Bulanan?

Dilansir Fincent, laporan keuangan bulanan merupakan dokumen yang memberikan rincian keadaan keuangan suatu entitas selama satu bulan tertentu. Dokumen tersebut mencakup berbagai aspek keuangan, seperti pendapatan, pengeluaran, laba bersih, aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik.

Nah, berikut adalah beberapa komponen utama yang termasuk dalam laporan keuangan bulanan.

  1. Pendapatan: Total pemasukan dari berbagai sumber selama satu bulan tertentu.
  2. Biaya dan Pengeluaran: Detail biaya operasional dan pengeluaran yang dikeluarkan dalam periode bulan tertentu
  3. Laba Bersih: Selisih antara jumlah pendapatan dan biaya dikeluarkan. Ini bisa menunjukkan laba atau rugi bersih yang tercapai selama satu bulan.
  4. Aset: Besaran total aset yang dipegang perusahaan pada akhir bulan, ini meliputi termasuk kas, piutang, inventaris, dan aset lainnya.
  5. Kewajiban: Total jumlah tanggungan atau hutang yang harus segera dibayarkan oleh perusahaan pada akhir bulan.
  6. Ekuitas Pemilik: Besaran bagian kepemilikan yang dikuasai pemilik atau pemegang saham dalam perusahaan.

Tujuan Membuat Laporan Keuangan Bulanan

Sebagai pemilik usaha, penting bagi Anda mengetahui tujuan membuat laporan keuangan bulanan. Salah satu fungsi utama laporan keuangan bulanan adalah memberikan gambaran akurat dan terperinci terkait performa keuangan perusahaan pada bulan tersebut. Dalam penyusunan laporan keuangan bulanan, pemaparan data akan disajikan dalam bentuk tabel atau grafik agar mudah dipahami oleh pembaca.

Untuk diingat, laporan keuangan bulanan ini memainkan peran krusial dalam membantu manajemen, pemegang saham, dan pihak terkait untuk membuat keputusan berdasarkan situasi keuangan perusahaan. Dengan mengetahui informasi keuangan secara terperinci, perusahaan dapat mengawasi dan bekerja secara tepat. Ini termasuk mengenali pola atau permasalahan yang mungkin perlu diatasi.

Cara Membuat Laporan Keuangan Bulanan yang Mudah

Proses penyusunan laporan keuangan bulanan melibatkan serangkaian langkah penting guna memastikan akurasi dan relevansi informasi yang disajikan. Untuk itulah, Anda tidaklah disarankan membuat laporan keuangan bulanan secara manual, melainkan perangkat lunak akuntansi, seperti halnya Accurate oleh Mitra Aplikasi Bisnis. Software akuntansi Accurate sangat fungsional. 

Dengan begitu, membuat laporan keuangan bulanan tidak ribet. Adapun langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut!

  1. Pilih Format Laporan: Putuskan format laporan keuangan yang digunakan. Format tersebut meliputi neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.
  2. Identifikasi Sumber Pendapatan: Buat secara rinci seluruh sumber pendapatan selama satu bulan. Ini meliputi penjualan produk, jasa, atau pendapatan lainnya.
  3. Catat Biaya Operasional: Rincikan biaya operasional, termasuk biaya produksi, gaji karyawan, biaya sewa, listrik, dan biaya terkait dengan operasi bisnis.
  4. Hitung Laba Bersih: Kurangi seluruh total biaya pendapatan untuk mendapatkan laba bersih atau kerugian bersih.
  5. Analisis Arus Kas: Usahakan menyusun laporan arus kas untuk melihat perubahan dalam kas selama periode tersebut. Identifikasi sumber dan penggunaan kas.
  6. Susun Neraca: Siapkan neraca untuk menampilkan aset, tanggungan, dan ekuitas pemilik pada akhir bulan. Pastikan bahwa sudah tepat, artinya jumlah total aset sama dengan total tanggungan dan ekuitas.
  7. Lakukan Rekonsiliasi Bank: Apabila perusahaan memiliki rekening bank, silakan untuk lakukan rekonsiliasi bank. Ini guna memastikan catatan internal perusahaan sejalan dengan catatan bank.
  8. Manfaatkan Software Akuntansi: Silakan memanfaatkan software akuntansi Accurate untuk mempermudah proses pembuatan laporan seperti Accurate yang terbukti fungsional.
  9. Periksa Konsistensi dengan Bulan Sebelumnya: Buatlah perbandingan data laporan keuangan bulan ini dengan sebelumnya. Ini untuk mengidentifikasi tren atau perubahan signifikan.
  10. Analisis dan Interpretasi: Lakukan analisis ulang saat laporan sudah selesai. Ini untuk memahami kinerja keuangan. Setelahnya identifikasi bagian yang perlu diperbaiki atau dioptimalkan.
  11. Sertakan Catatan Penjelasan: Usahakan menyertakan catatan penjelasan untuk menguraikan aspek-aspek tertentu dari laporan keuangan.
  12. Bagikan dan Diskusikan: Bagikan laporan keuangan kepada pihak yang berkepentingan dan selenggarakan pertemuan atau diskusi untuk membahas hasil dan strategi ke depan.

Sebagai informasi, keakuratan dan ketelitian pembuatan laporan keuangan bulanan sangatlah penting. Untuk hasil tepat dan optimal, jangan ragu memakai layanan aplikasi akuntasi Accurate yang dipercaya banyak perusahaan. Dapatkan software akuntansi Accurate hanya di Mitra Aplikasi Bisnis.

Praktik Membuat Laporan Keuangan Bulanan

Setelah mengetahui tahapannya, mari berlatih bersama membuat laporan keuangan bulanan untuk usaha kecil. Pada contoh berikut, Anda akan menggunakan format yang sering digunakan, seperti laporan laba rugi dan neraca.

Contoh Laporan Laba dan Rugi Bisnis

  1. Pendapatan

Penjualan Produk A: Rp70 juta

Penjualan Jasa B: Rp30 juta

Total Pendapatan: Rp100 juta

  1. Biaya Operasional

Biaya Bahan Baku: Rp20 juta

Gaji Karyawan: Rp25 juta

Biaya Sewa Tempat Usaha: Rp 3 juta

Listrik dan Utilitas: Rp2 juta

Total Biaya Operasional: Rp50 juta

  1. Laba Bersih

Laba Bersih (Pendapatan-Biaya Operasional): Rp100 juta-Rp50 juta = Rp50 juta

Neraca (Aset, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik)

  1. Aset

Kas dan Setara Kas: Rp12 juta

Piutang Usaha: Rp8 juta

Inventaris dan Peralatan: Rp30 juta

Total Aset: Rp 45.000.000

  1. Kewajiban

Hutang Usaha: Rp5 juta

Hutang Gaji: Rp2 juta

Total Kewajiban: Rp7 juta

  1. Ekuitas Pemilik

Modal Pemilik (Awal): Rp20 juta

Laba Bersih Bulan Ini: Rp25 juta

Total Ekuitas Pemilik: Rp43 juta

Sekarang Anda sudah tahu, kan cara membuat laporan keuangan bulanan yang mudah dan anti ribet. Kendati demikian, tetap usahakan menggunakan software akuntansi Accurate dari Mitra Aplikasi Bisnis yang sudah pasti terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: